Proses Design

setiap proyek perancangan Arsitektur dan Interior memiliki cerita yang berbeda, namun masing-masing darinya memiliki urutan fase proses desain yang sama. diantaranya seperti di bawah ini :

Listening – Mendengarkan klien selaku user sangat penting untuk mengerti dan menentukan langkah untuk meraih goal sebuah proyek perancangan. setelah itu kita bisa memulai proses desain Arsitektur yang sesungguhnya.

 

We Meet – Performance requirement didiskusikan pada pertemuan pertama dan semua pertanyaan sudah terjawab, kini saatnya mencari tahu bagaimana sebuah desain nantinya dapat mengakomodir user, bagaimana taste dari user itu sendiri, sejauh mana rentang waktu pengerjaan tersedia, serta budget yang diharapkan bisa efektif sesuai keinginan

We Survey – jika dimungkinkan kami akan melakukan survey lokasi dimana tempat desain tersebut akan dirancang, karena setiap lokasi memiliki karakteristik yang berbeda, budaya yang berbeda, kultur yang tidak pernah sama, serta yang lebih penting lagi yaitu daya dukung tanah dimana rancangan tersebut akan berpijak.

We Design – anda akan mendapat presentasi desain dari kami dengan 2 atau 3 alternatif dalam bentuk desain schematic, salah satu alternatif harus dipilih untuk menjajaki fase berikutnya.

 

We Develop – konsep desain yang dipilih sudah ditentukan, setiap detail sudah disetujui, meliputi spesifikasi dasar material yang digunakan, setelah itu kami akan melakukan elaborasi perancangan untuk dikembangkan lebih jauh menjadi sebuah desain Arsitektur dan Interior yang sempurna. dalam tahap ini kami melakukan penyesuaian pada setiap aspek perancangan.

We Document – gambar detail konstruksi, analisis pembiayaan, laporan-laporan dibuat dengan teliti agar nantinya dapat digunakan untuk perijinan, maupun dokumen detail engineering design yang diperlukan untuk kontraktor. dalam tahap ini kami berkolaborasi berkoordinasi dengan ahli struktur (structural Engineer).

We Build – dalam tahap ini kami mampu ditunjuk sebagai pelaksana menjadi selaku kontraktor? namun jika user ingin menggunakan kontraktor lain maka kami selaku konsultan dapat melakukan supervisi untuk menjamin kualitas agar hasil pengerjaan benar-benar sesuai dengan gambar desain.

Reactor Desain Achitecture terlibat dalam setiap fase untuk mendampingi user agar mendapatkan proses dan progress yang yang signifikan serta menjamin kemudahan demi kepentingan klien.

berikut ini kami ambil contoh desain kami yang sedang dalam proses pembangunan, rumah milik pasangan eksekutif muda di sidoarjo. memiliki lahan tidak kurang dari 400 meter persegi yang terdiri dari dua rumah bersebelahan. gambar dibawah adalah kondisi eksisting sebelum di desain, dua rumah terletak di pojok blok p[erumahan yang nantinya akan digabungkan menjadi satu kesatuan utuh.