Rumah Klasik Bp Robie Dharmahusada

Desain klasik tidak pernah termakan oleh jaman, style ini mempunyai peminatnya tersendiri Karena dianggap everlasting. Walaupun gaya Arsitekturnya merujuk pada pakem masa lalu, tetap saja sebuah Arsitektur klasik harus tampil serasi dan sesuai. Ada beberapa icon klasik yag di modifikasi dan disesuaikan, finishing marmer ciri khas kerajaan romawi kuno dimunculkan kembali dengan type marmer yang sedang tren pada saat ini yakni travertine. Corak permukaan marmer travertine berupa garis-garis coklat membentuk lapisan-lapisan tipis dengan pori-pori yang tersebar. Profil-profil lisplank, corbel serta arcritrave tetap mengacu pada proporsi, bentuk secara keseluruhan dominan simetris, ini membuat tampang bangunan menjadi lebih berwibawa dan “berat”.



4 Komentar

  1. Design rumahnya bagus, luass bangunan berapa yang di dalam foto tersebut, Dan berapa lantai, karena Denham design Dan model clasiic tersebut minimal luas bangunan berapa ? Biar tetap kelihatan kekar Dan berwibawa .
    Kalau untuk finishing pakai market , kog ngga kelihatan sambungan , jenis marmer apa Dan selain marmer untuk menekan biaya , pakai finishing yg Lai n jenis apa?

    Terima kasih

    • Kalau untuk desain rumah tersebut, total luasan lantai mencapai 600 meter persegi. Sebenarnya tidak ada luasan minimum untuk desain klasik, cuma sy sarankan luasan tidak kurang dari 400 m2 mengingat hierarki ruang denah klasik yang rumit. Untuk memberikan kesan berwibawa juga dipengaruhi jarak pandang pengamat dengan bangunan yang memadai, jika jalan depan rumah cukup lebar, tidak perlu lagi mengambil jarak mundur pada kavling tanah untuk tampak muka bangunannya. Marmer travertino jika dipasang oleh aplikator yang baik tidak akan nampak sambungan, apalagi serat marmernya kita dapat yang satu seri, namun jika masih kurang yakin bisa ditambahkan lis tali air berupa garis horizontal dengan interval 60 cm tidak akan mengurangi estetika desain klasiknya. Pilihan selain marmer dapat juga menggunakan cat wash yang di lukis custom pada dinding fasade bangunan, tujuannya untuk menciptakan nuansa klasik. Demikian semoga dapat memberikan pencerahan :)

  2. klo mbangun rumah klasik mediterania dgn luas tanah 40 x 85 atau 3400m2 kira2 biayax habis berapa,,apa 10 m cukup atau gmn mhn dbls

    • untuk design kategori klasik memang relatif lebih mahal dalam proses pengerjaan konstruksinya, hal ini disebabkan material finishing yang diperlukan lebih beragam, disamping itu biaya untuk tenaga ahli / tukang juga khusus. dengan luasan tersebut saya perkirakan cukup, dengan asumsi luasan rumah yang terbangun berada pada kisaran luas 2.000 m2 namun itu juga tergantung pada pemilihan material yang akan dipakai nantinya. untuk lebih jelasnya, akan kami coba email saran dan masukannya ya pak. Terima Kasih.

      Farid

Leave a Reply