Wallpaper: Ukur – Pilih – Pasang

Make over kecil-kecilan seperti memasang wallpaper bisa bikin nuansa baru yg lebih menyegarkan…tidak perlu lagi bosan dgn desain interior rumah yg itu-itu saja…make over tidak perlu perubahan besar kok…minim namun apik..Pasang Wallpaper bisa dengan langkah mudah jika tahu cara yang tepat….selamat make over!!!

Persiapan: Ukur dengan Akurat

Sebelum memilih wallpaper, ukur dulu seberapa luas dinding yg akan dipakai sedetail mungkin, karena akan menentukan berapa banyak wallpaper yg dibutuhkan. Lalu, pastikan kondisi dinding layak pasang wallpaper. Jika dinding kotor, kasar, atau lembap, wallpaper tak akan terpasang sempurna. Jadi, lap dinding terlebih dahulu hingga bersih dari debu.

Untuk menghindari kesalahan, ada baiknya tandai area dinding yg akan dipasangi wallpaper. Garis ini berguna ssebagai petunjuk saat membuka gulungan wallpaper di dinding. Sisakan 3 cm pada ujung wallpaper dan 2 cm pada sisi kiri dan kanan. Setelahnya, potong sisa wallpaper tadi dgn cutter dan gunakan bantuan penggaris agar hasilnya rapi.

Pilih kesukaan yang Tepat & Sehat

Selain memilih warna dan motif, Jangan lupakan juga untuk memilih wallpaper yang tidak membahayakan kesehatan. Salah satunya, perhatikan jenis pelarut warna yang digunakan untuk menghasilkan warna dan motif pada wallpaper. Apakah wallpaper termasuk water based atau solvent based?

Water based jika pewarna menggunakan bahan dasar air. Sedangkan, solvent based adalah wallpaper yang menggunakan pewarna berbahan dasar tiner. Kandungan yang terdapat dalam tiner dapat menempel pada wallpaper dan akan menimbulkan bau tiner pada ruangan setelah dipasang pada dinding. Akibatnya, bila Anda dan keluarga setiap hari mencium bau ini dan menimbulkan polusi udara dalam rumah yang tentu tidak baik untuk kesehatan. Saat akan membeli wallpaper, cobalah untuk mencium apakah gulungan wallpaper berbau tiner atau tidak untuk mengetahui aman tidaknya wallpaper tersebut bagi kesehatan.

Bila mungkin, pastikan wallpaper tidak mengandung logam berat yang beracun seperti merkuri atau timbal yang dapat membahayakan kesehatan. Anda juga dapat memilih wallpaper yang mendukung kesehatan, karena saat ini ada pula wallpaper yang dapat membunuh bakteri yang terdapat di udara, menetralisir udara kotor.

Pasang : Trik Lem

Ada wallpaper yg pre-pasted, artinya sudah dilem. Jadi ketika dipasang, tinggal dibasahi menggunakan spons yg sudah direndam air .

Sebaliknya, jika tidak pre-pasted, gunakan lem khusus wallpaper yg harus dioleskan terlebih dahulu pada wallpaper dgn spatula. Banyak metode yg bisa dilakukan untuk merekatkan wallpaper pada tembok. Seperti direndam dgn lem seharian atau temboknya yg dilem.

Teknik:

Trik memasang wallpaper lain lagi. Ketika memasang wallpaper, gulung ke arah depan sehingga bagian yg dilem akan saling bersentuhan. Selanjutnya, Anda tinggal memasangnya di dinding. Lakukan pelan-pelan agar wallpaper yg dipasang tidak bergelembung.

Bagaimana jika ingin mengganti wallpaper yg sudah ada? Jika masih ada bagian yg melekat, basahi saja dgn spons yg lembap. Pastikan dinding halus kembali dan layak dipasangi wallpaper.



Komentar

Leave a Reply