Wallpaper Sebagai Penghias Dinding

wallpaper interior

Banyak cara yang bisa dilakukan agar rumah tampil lebih indah dan menciptakan suasana ruang jadi lebih berwarna. Salah satunya adalah mengolah elemen dinding ruang menjadi lebih bervariasi sesuai dengan keinginan. Saat ini, untuk memperindah dinding tidak selalu menggunakan cat dinding. Kertas dinding (Wallpaper) bisa menjadi pilihan yang menarik dan efisien untuk pemanis ruangan. Dari segi harga, bedanya tidak terlalu signifikan dibanding dengan harga cat tembok. Tetapi, kesan yang ditampilkan lebih baik dibanding cat tembok yang cenderung monoton.

Dinding dalam rumah bisa juga menjadi media bagi penghuni rumah untuk mengekspresikan diri, sehingga tidak hanya sekedar pemisah ruang namun jadi elemen desain yang menjadikan ruang lebih hidup dan indah. Corak-corak rumit yang ditawarkan wallpaper tidak bisa dihasilkan bila Anda menggunakan cat tembok dan dapat menutup retak2 rambut pada dinding pula. Itulah salah satu alasan dipilihnya wallpaper untuk dinding. Beragamnya pilihan corak dan warna juga memudahkan dinding rumah disesuaikan dengan konsep rumah secara keseluruhan, sehingga bisa dirasakan tema rumah yang terasa lebih hidup. Kesan lain yang ditawarkan oleh wallpaper adalah kesan modern, kreatif, dan elegan.

Tentang Wallpaper

Penggunaan wallpaper bukan hanya untuk daerah iklim dingin saja. Daerah yang beriklim tropis basah dengan kelembapan tinggi tidak membatasi penggunaan wallpaper. Banyak varian yang bisa dipilih tanpa khawatir kertas akan lembab dan mudah luntur. Dengan pemasangan yang tepat dan pemilihan bahan wallpaper yang sesuai dengan kondisi rumah maka akan memberi hasil tampilan yang optimal.

Memasang Wallpaper Harus Teiliti Oleh Ahli

Cara memasang wallpaper adalah dengan ditempelkan pada dinding dengan menggunakan lem khusus. Sebelumnya, bersihkan dinding dan pastikan agar dinding kering untuk mempermudah pemasangan. Untuk dinding yang sudah bercat, sebaiknya bersihkan dinding dari cat lama dan gunakan plamur. Bila ada bagian dinding yang retak sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu agar hasilnya baik. Gunakan lem secukupnya dan oleskan secara rapi. Lem yang berlebihan akan menyebabkan permukaan wallpaper tidak rata.

Memasang wallpaper bukanlah hal yang mudah, maka bila Anda menginginkan hasil yang baik sebaiknya menggunakan jasa pemasang wallpaper yang sudah biasa mengerjakannya. Bila salah, Anda malah akan merusak wallpaper yang sudah dibeli atau hasilnya tidak memuaskan. Selain harus menggunakan lem dengan benar, harus juga diperhatikan sambungan-sambungan antar wallpaper sehingga tampak menyatu. Hal ini memerlukan ketelitian dan keahlian.

Sebenarnya cara perhitungan kebutuhan wallpaper ini sederhana,

Saya ambil contoh untuk suatu bidang dinding dengan panjang = 8 m, tinggi = 4m, berapa rol wallpaper sih kebutuhannya??ini hitung-hitungannya :

  • Hitung LUAS dinding = 8m X 4m = 32 m2
  • Diketahui 1 roll wallpaper = 0.53 X 10 m = 5.3m2 (pada umumnya 1 roll wall paper ukuran 0.5-0.55 X 10m)
    jadi wall paper yang diperlukan =? 32m2 : 5.3m2 = 6.04 rol
  • Kebutuhannya = 6.04 rol, dibulatkan menjadi 7 rol.
  • Cadangan 10% = 7 rol + 10% = 7.7 rol, pembulatan 8 rol.

Dengan membeli total 8 rol, kita sudah tidak perlu lagi kuatir kekurangan pada saat ada kesalahan pasang dll.



Komentar

Leave a Reply