Tips memilih keramik sebagai ubin lantai

Bila anda menginginkan suhu dalam rumah anda terasa dingin, sebaiknya anda menggunakan keramik sebagai material lantai rumah anda. Selain memiliki warna, ukuran dan motif yang beragam, harga keramik juga relatif murah dibandingkan lantai marmer atau granit yang juga memberi efek dingin pada rumah anda. Sebelum membeli keramik, ada baiknya anda membaca tips-tips berikut :

1. Perhatikan fungsi ruang yang akan dipasang keramik.
Keramik untuk kamar mandi tentu berbeda dengan keramik lantai ruang tamu dan berbeda juga dengan lantai carport. Untuk lantai kamar mandi dan carport dapat memilih keramik yang memiliki tekstur. Sesuaikan dengan desain rumah anda.
2. Ukurlah luasan masing-masing ruangan yang akan dilapisi keramik agar dapat menentukan warna, ukuran, dan pola keramik.
3. Pola pemasangan keramik: parallel atau diagonal. Kebutuhan keramik untuk pemasangan parallel sangat berbeda dengan pemasangan diagonal. Pemasangan diagonal akan membuat banyak keramik terbuang (wastage). Itu artinya, Anda harus melebihkan pesanan lebih banyak disbanding pemasangan secara parallel.
4. Carilah informasi dan catalog tentang jenis keramik, mulai dari harga, motif, warna, ukuran, dan teksturnya dari beberapa toko atau showroom yang menjual keramik dan beberapa merk. Tanyakan pula tentang ketersediaan barang.
5. Indonesia mengenal istilah KW 1 dan KW 2 yang mengarah pada ketepatan ukuran keramik dan keseragaman warna. Perbedaan ini terjadi karena proses produksi dan pembakaran. Pihak produsen akan mengelompokkan perbedaan ini pada proses quality control dan packing. KW 1 merupakan kualitas yang terbaik.
6. Kalau rumah anda mengiginkan beberapa jenis keramik yang berbeda untuk ruangan yang berbeda, jangan membeli saat itu juga. Konsultasikan pilihan anda pada arsitek atau anggota keluarga lainnya. Perlu waktu jika anda menginginkan hasil yang memuaskan.
7. Pada saat pengiriman pastikan semua barang dalam keadaan bagus dan tidak ada yang pecah. Perhatikan juga kode ukuran dan nuansa warna yang sama pada tiap box nya. Karena begitu kita menandatangani tanda terima akan sulit untuk mengembalikan keramik jika ada yang cacat.



Komentar

Leave a Reply