Desain Lighting = inspirasi Ruang

Tata lighting yang tepat dapat memberikan, banyak efek ?dramatis? yang Anda inginkan di rumah. atau di berbagai ruang yang anda inginkan..bisa jadi sudut inspirasi dengan sentuhan lampu yang tepat.

Yang harus diperhatikan bahwa desain lampu ini harus didesain diawal pada saat pembangunan rumah. karena banyak hal terkait konsep ruangan dan hal utilitas elektrikal bangunan. maka penting untuk merencanakan diawal konsep awal ruangan yang diinginkan.

Pilihan dan tata letak lampu yang tepat dapat memperbesar atau memperkecil ruang, membangun suasana romantis atau ceria. Pendek kata, apa pun efek yang muncul di benak Anda, dapat disiasati lewat pencahayaan yang tepat. Berikut contoh lighting pada plafon yang tampak mewah dan glamor

ada beberapa istilah yang sering dipakai pada saat merencanakan konsep lighting sebagai berikut:

1. Ambient lighting, yaitu pencahayaan seluruh ruang. Technically, ambient lighting artinya total sinar yang datang dari semua arah, untuk seluruh ruang. Sebuah lampu yang diletakkan di tengah-tengah ruang hanya salah satu bagian dari ambient lighting. Tetapi bila ada sinar yang datang dari semua tepi plafon, misalnya, terciptalah ambient lighting. Dalam membuat ambient lighting, sinar haruslah cukup fleksible untuk berbagai situasi atau peristiwa yang mungkin terjadi di ruangan. Tidak mungkin ruang makan selalu romantis.

2. Local lighting, atau pencahayaan lokal. Pencahayaan jenis ini ditujukan untuk aktivitas keseharian, misalnya membaca, belajar, memasak, bercermin dan sebagainya. Pencahayaan dimaksud untuk membuat mata tidak cepat lelah.

3. Accent lighting, atau pencahayaan yang berfungsi sebagai aksen. Pencahayaan jenis ini dapat dipakai untuk membuat sudut tertentu, barang tertentu menjadi menonjol. Pencahayaan seperti ini dapat membimbing pengunjung untuk melihat suatu barang, atau koleksi tertentu



1 Komentar

  1. Wah bisa jadi referensi nih, kalo mau bikin rumah. :D

Leave a Reply